Loading...

Monday, 8 August 2011

Apa Itu Break dance >>?

 Menyambung cerita kita tentang belajar cepat breakdance ala community bengkulu
Breakdance adalah tarian yg memadukan seluruh gaya. Breadance juga merupakan perpaduan dari beberapa unsur gerakan tergantung selera. jenis musik, maupun keahlian crew maupun breaker’s
Di dalam breakdance terdapat empat struktur pokok yaitu :
- Top Rock.
Top Rock adalah gaya yang bertumpu pada gerakan kaki yang menari-nari, biasanya top rock dilakukan untuk menambah fondasi dari tarian tersebut, Top Rock juga harus mengikuti rythem atau ritme dari lagu yang dimainkan Dj, jadi kita tidak boleh membuat ritme sendiri. Karena dapat mengurangi penilaian jika melakukan battle.
- Foot Work.
Foot Work hampir sama dengan top rock, tetapi foot work biasa di lakukan dengan tubuh dibawah, contoh beberapa gerakan foot work : Helicopter, 3 step, 6 step, sweep, dll. Dalam foot work juga breaker’s (sebutan untuk bboying cowo maupun cewe) harus mengikuti ritme dari lagu yang dimainkan.
- Frezze.
Frezze adalah gaya yang dipakai di akhir maupun di tengah – tengah tarian kita,frezze gerakan yang sangat – sangat membutuhkan kekuatan fisik, jika fisik tidak terlalu kuat, frezze yang dilakukan juga hanya sebentar (berkisar 1 detik – 3 detik) dan frezze yang di lakukan juga frezze tingkat mudah atau rendah. Contoh gerakan – gerakan frezze : baby frezze, chair, air baby, dll. Di sini breaker’s tidak harus mengikuti ritme dari musik, tetapi jika breaker’s ingin melakukan frezze harus disertai waktu yang tepat agar terlihat lebih baik atau menambah nilai didalam battle.
- Power Move.
Power Moves adalah tarian yang melibatkan kekuatan tubuh dan kelenturan tubuh, biasanya power moves dan frezze yang membuat orang tertarik dalam breakdance, karena gaya – gayanya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Power Moves tidak harus juga mengikuti ritme musik tetapi jika bisa mengikuti mungkin bisa menambah nilai dalam battle, contoh power moves : 1990’s, 2000’s, windmill, turtle, flare, headspin, handspin, dll.

Kontroversi
Dengan tujuan rekreasi dan hiburan, tarin ini tidak mempunyai perdebatan atau kontroversi.
Asosiasi Geng
Orang sering menyatakan bahwa breakdance menggantikan pertarungan antara geng jalanan, karena beberapa percaya sebuah konsepsi yang salah mengenai b-boy yang memainkan peran mendamaikan persaingan antar geng. Keributan antar geng kelihatannya menjadi sebuah kontroversi pada awal sejarah breakdance.
Resiko Cedera
Breakdance mempunyai resiko cedera karena terlalu banyak berlatih atau tanpa pengawasan profesional. Breaker pemula harus berlatih dengan pengawasan profesional untuk mengurangi resiko cedera