Loading...

Wednesday, 17 August 2011

Tema Kemerdekaan RI Ke 66

Tema hari Kemerdekaan 2011 –  Sahabat Pustakers, 2 moment penting akan segera kita masuki, yakni Bulan Ramadhan dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 66. Hari kemerdekaan Republik Indonesia saat kali ini (juga tahun lalu) merupakan hari kemerdekaan yang special, soalnya hari kemerdekaan atau proklamasi kemerdekaan indonesia diproklamirkan pada saat bulan ramadhan66 tahun lalu, tepatnya pada hari Jum’at 17 agustus 1945 pada bulan Ramadhan. Dan Saat ini, moment itu berulang lagi, perayaan HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia akan tepat pada bulan suci Ramadhan. Tema Hari kemerdekaan 2011.
Pada hari ulang tahun HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 2011 ini, Pemerintah melalui Sekertariat Negara telah merilis tema HUT Proklamasi ke-66. Adapun temanya sebagai berikut:
“Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN.”
tema kemerdekaan 2011Pemerintah telah merilis pula Logo HUT Proklamasi kemerdekaan tahun 2011 atau logo proklamasi RI ke-66. Berikut Logonya (sumber: Portal Resmi RI):
Logo HUT Kemerdekaan 2011
Menyinggung soal tema HUT proklamasi kemerdekaan kali ini, yakni menyinggung tentang Tampilnya Indonesia lagi sebagai pemimpin ASEAN, sebuah organisasi antar negara se-Asia Tenggara. Tema kemerdekaan 2011 kali ini, mengandung arti agar kita seluruh element rakyat Indonesia bersatu padu dalam mendukung dan mensukseskan kerjasama ASEAN (Association South East Asia Nation) Persatuan negara se-Asia Tenggara. Salah satunya adalah dengan cara bergaul dengan sesama masyarakat se-Asia tenggara, artinya saling akrab antara sesama masyarakat ASEAN.
Dengan adanya keakraban diantara masyarakat se-Asia Tenggara ini, maka akan tercifta perdamaian dan saling menghormati dan saling menghargai sehingga kita dengan bangsa-bangsa Asia Tenggara lain duduk sama rendah, dan berdiri sama tinggi. Dan satu hal positif bila kita akrab dengan sesama Negara ASEAN, yakni perselisihan-perselisihan antar sesama negara ASEAN bisa dimnimalisir atau ditiadakan. Khan kalau kita akrab dan bersahabat, maka perselisihan itu tidak akan muncul lagi, karena bila ada persoalan, maka akan diselesaikan dengan kepala dingin dan santun antar sahabat kita khan?? :D .
Menciftakan keakraban antar bangsa se-ASEAN sebenarnya bisa diwujudkan dengan persahabatan di dunia maia atau didunia digital internet, Nah yang memegang kendali di teritori Dunia maia ini adalah blogger.
Blogger Indonesia telah mengambil langkah awal dalam menjalin keakraban dengan sesama masyarakat ASEAN dengan mendeklarasikan ABC [ Asean Blogger Community ] Chapter Indonesia. ABC ini nantinya akan bekerjasama dengan komunitas-komunitas blogger Se-ASEAN,yang pada akhirnya blogger-blogger se-ASEAN jadi akrab dan bersahabat di dunia maia dan dilanjutkan di dunia nyata tentunya.
Pembentukan ABC ini semestinya menjadi perhatian pemerintah kita [moga ada pemerintah yang baca tulisan ini :D ] agar ABC ini didukung penuh demi terciftanya keakraban, persahabatan dan persaudaraan antar masyarakat ASEAN, dan hasilnya tema kemerdekaan tahun 2011 ini, yakni Solidaritas antar masyarakat dan negara ASEAN menjadi kokoh.
Okkk demikianlah artikel sederhana saya tentang Tema Kemerdekaan 2011, semoga artikel yang masih jauh dari kesempurnaan ini bisa memberi manfaat tentunya. [ps]