Loading...

Wednesday, 26 October 2011

Ingin Sehat dan Ramping ? Bagun Pagi Versi Community Bengkulu


Community Bengkulu - Jam berapa Anda bangun dari tidur malam setiap hari? Waktu melek di pagi hari ternyata dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan tubuh. Sebuah studi baru menemukan, orang yang bangun pagi-pagi lebih ramping, bahagia dan sehat daripada mereka yang bangun siang.

Para peneliti di Universitas Roehampton Inggris menyimpulkan, bahwa mereka yang tidur lebih cepat dan bangun pagi mampu mengerjakan tugas lebih cepat, mengantar anak-anak ke sekolah, lebih bersemangat dan aktif di tempat kerja. Sementara itu, orang yang tidur larut malam lebih berisiko merasa tertekan atau stres serta kelebihan berat badan.

Para peneliti menanyai 1.068 orang dewasa tentang kesehatan dan kebiasaan tidur mereka. Dan, mereka menemukan bahwa orang yang bangun pagi rata-rata mulai beraktivitas pada pukul enam pagi, sedangkan mereka yang suka begadang baru mulai melakukan aktivitas pada pukul sembilan pagi.

Pada akhir pekan, kedua kelompok menikmati sekitar satu jam tambahan di bawah selimut. Orang yang biasa bangun pagi mulai beraktivitas pada pukul tujuh sementara 'orang malam' baru bangun sekitar pukul sepuluh.

"Ada 'orang pagi' dan 'orang malam'. Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia serta memiliki indeks massa tubuh lebih rendah," ujar Dr Joerg Huber dalam konferensi Psychological Society di Inggris, seperti dikutip Telegraph.

Survei tersebut juga menemukan, orang yang banyak menonton televisi lebih mungkin untuk melewatkan sarapan