Loading...

Tuesday, 26 July 2011

Penyebab Payudara

 Penyebab Kanker Payudara


Jakarta - Kanker payudara yang terjadi pada sebagian perempuan bukan hanya karena gaya hidup yang tidak sehat. Namun, sejumlah faktor berisiko mungkin menjadi penyebabnya. Seperti apa ?




Seperti dikutip The Sun, berikut faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya kanker payudara.

Persalinan usia muda

Kehamilan di usia muda memang cenderung memiliki resiko yang rendah terkena kanker payudara. Oleh karenanya, para peneliti menyarankan agar perempuan mengandung di bawah usia 30 tahun.

Daging merah

Menurut sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard Medical School, wanita yang mengonsumsi daging dua kali lebih banyak akan cepat terkena kanker payudara. Karena daging merah diklaim mengandung asam amino yang merangsang insulin tinggi telah dikaitkan dengan kanker payudara.

Obesitas

Kegemukan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita pasca menopause sebesar 30%, karena kelebihan lemak tubuh meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin – yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker.

"Hal ini dapat dicegah dengan menjadi lebih aktif dan membawa sedikit lemak," kata Dokter Rachel Thompson, dari World Cancer Research Fund.

Oral kontrasepsi

Sebuah penelitian menyebutkan perempuan yang menggunakan pil KB memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Sementara itu, wanita yang berhenti menggunakan pil KB lebih dari 10 tahun yang lalu tampaknya tidak memiliki peningkatan risiko.

Oleh karenanya, bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko pil KB dan mendiskusikan pilihan lain seperti implan atau alat kontrasepsi yang lain.

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 12%.

Profesor Paul Wallace, dari drinkaware.co.uk, mengatakan semakin banyak Anda mengurangi alkohol, semakin besar Anda mengurangi risiko kanker tersebut.