Loading...

Monday, 8 August 2011

Apa Pengertian SEO – Search Engine Optimization

Apa itu seo? Perlu Saya jelaskan bagi yang belum memahami apa itu SEO. SEO/ Search Engine Optimization merupakan sebuah kegiatan yang memfokuskan pada pengoptimalan sebuah website atau blog agar bisa menempatkan posisi situs pada search engine.
Bisa diartikan juga sebagai kegiatan untuk meningkatkan sebuah situs dan content agar memperoleh peringkat yang tertinggi di search engine. Kegiatan ini tidaklah mudah, perlu sebuah perencanaan, management, riset dan lain sebagainya agar goal tercapai. Karena kegiatan ini termasuk spesial dan cukup menyita waktu, banyak jasa seo yang menawarkan diri untuk mengoptimalkan seo website atau blog.
Setiap hari ada ratusan juta orang mencari informasi yang mereka butuhkan menggunakan search engine. Mungkin salah satunya adalah Anda. Dan setiap hari ribuan website/blog dibuat, nah inilah mengapa SEO dibutuhkan. Semua pemilik website/blog menginginkan kata kunci situsnya bisa masuk halaman pertama search engine, misalkan Google, Yahoo atau MSN. Atau paling tidak bisa diakses orang-orang diseluruh dunia. Untuk saat ini, membuat website dan dibiarkan begitu saja tanpa ada kegiatan SEO didalamnya bisa dikatakan tidak berlaku lagi, untuk masa 5 tahun yang lalu mungkin hal tersebut bisa dilakukan, karena jumlah situs di dunia masih sedikit. Maka pihak penyedia search engine juga harus adil dalam mengelola banyak situs tersebut.
Untuk saat ini search engine yang paling banyak digunakan adalah Google, setelah itu ada Yahoo, Msn, Altavista, Ask, dan masih banyak lagi. Otomatis Google sendiri yang paling banyak memberikan traffic.
Bagi seorang Internet Marketer, memiliki situs di nomor 1 atau paling tidak dihalaman pertama Google misalkan. Itu sebuah kebanggaan dan gengsi tersendiri. Karena bisa mengalahkan situs-situs lainnya yang jumlahnya ribuan atau terkadang ada ratusan juta dan yang pasti akan mendapatkan pengunjung lebih banyak.
Apa itu SEO? Lihat hasil pencarian Saya dibawah ini dengan kata kunci Internet Marketing, Saya memakai Google sebagai contoh. Anda bisa lihat berapa pesaing Anda bila memakai kata kunci tersebut. Agar bisa menempati nomor 1-10 atau dihalaman teratas Google maka diperlukan kegiatan SEO tersebut.
apa itu seoUntuk menjalankan kegiatan SEO agar berhasil, diperlukan sikap sabar dan fokus pada tujuan awal. Kalau tidak, kegiatan tersebut akan lebih lama terlihat hasilnya. Terkadang dengan tidak sabar para marketer melakukan kegiatan SEO dengan berbuat curang pada Search Engine atau disebut juga dengan istilah “black hate”.
Kalau mujur, Satu kali dua kali mungkin marketer yang melakukan black hate tidak ketahuan dan robot search engine kecolongan. Sehingga situs marketer tersebut melejit dan mendapatkan banyak traffic ke situsnya dengan kata kunci/keyword tertentu.
Akan tetapi robot search engine juga tidak bodoh, walaupun cuma robot tapi yang bikin tetep orang-orang pinter dibidangnya dengan berbagai perhitungan sampe kepalanya pada botak segala. Cepat atau lambat robot mereka dapat menemukan situs mana yang berbuat curang. Sebagai balasan, Search Engine tersebut tidak akan meng-index/menyimpan situs tersebut sama sekali. Ya udah, buruk sekali nasib bagi situs tersebut.
Hindari cara-cara yang terkesan cepat dalam SEO seperti membeli ribuan backlink perhari. Seperti juga menggunakan jasa seo yang tidak jelas juga beresiko, karena kita tidak tau apa yang dilakukan penyedia jasa seo apabila kegiatannya tidak transparan. Untuk mendapatkan situs secara optimal dan Search Engine Friendly jelas memerlukan waktu. Pakai cara-cara yang diinginkan atau disarankan oleh Search Engine dan dibuat se-natural mungkin.
Umur sebuah domain juga mempunyai pengaruh. Semakin tua umur sebuah domain/blog dihitung pada saat pertama kali online akan lebih cepat dikenali oleh Search Engine. Untuk domain baru akan membutuhkan waktu 6-8 bulan bahkan sampe 10 bulan untuk mendapat traffic gratis dari Search Engine. Perlu Saya garis bawahi bahwa yang Saya katakan tadi adalah mendapatkan Traffic bukan  di Index. Sangat beda, kalau mendapatkan traffic belum tentu di-index dan kalau di-index belum tentu juga mendapatkan traffic.
Semoga pertanyaan Anda tentang apa itu seo sudah terjawab.